Alhamdulillah Kepilih Lagi

Tanggal 18 November 2011, IRDA merayakan ulang tahun yang ke 10 sejak dibentuk tahun 2001 silam. Dan hari itu bertepatan dengan hari kelahiran istriku tercinta. 
Dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke 10 tersebut, selain presentasi-presentasi proyek penelitian dari para alumni, IRDA juga menyelenggarakan poster presentation dari mahasiswa IRDA. Aku mengikuti presentasi poster dengan niat hanya untuk memeriahkan perayaan ulang tahun IRDA tersebut. Dalam presentasi poster ini, aku membawakan poster dengan judul “Development of Polylactide-based Materials through Stereocomplexation Poly L-lactide and Poly D-lactide-co-caprolactone” atau pengembangan material polilaktida dengan proses stereocomplex poli L-lactida dan poli D-lactida-co-caprolactone. 
Poster ini menjelaskan bagaimana efek penambahan sedikit caprolactone secara acak pada poly D-lactide terhadap karakteristik stereocomplex yang dihasilkan. Penambahan sedikit caprolactone ternyata dapat mempertahankan kemampuan pembentukan kembali struktur kristal stereocomplex walaupun sudah dilelehkan. Hal ini berbeda dengan stereocomplex murni tanpa penambahan caprolactone yang menunjukan terjadinya pemisahan antara Kristal stereocomplex dan Kristal poly L-lactida dan poli D-laktida.
excellent-poster
Alhamdulillah, ternyata poster ini terpilih menjadi salah satu dari 4 excellent paper yang dinilai oleh dewan juri. Dan yang luar biasa lagi, dari keempat pemenang excellent paper tersebut adalah mahasiswa Indonesia diantaranya:
1. Chairul Hudaya
2. Purba Purnama
3. Trong Nhat Phan
4. Mauludi Ariesto Pamungkas
Semoga di masa yang akan datang, mahasiswa Indonesia bisa makin menunjukan dominasinya dalam berprestasi di bidang riset. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *