Purba’s Note: Kebangkitan Alumni

Assalamualaikum Wr Wb.

krjasama

Abang2 dan adik2 Alumni sekalian, tepat sebulan yang lalu (29 April 2014), saya menggoreskan kegelisahan hati yang menyangkut kontribusi alumni terhadap PPSDMS dalam bentuk donasi. Hal itu didasari pada rendahnya tingkat kontribusi alumni terhadap PPSDMS yang bisa diukur dari salah satu sisi berupa donasi. Bagaimana tidak, alumni yang berjumlah 576 orang ini, hanya berkontribusi sekitar 20 – 23 juta per bulan. Dalam gebrakan perdana yang kita lakukan bersama – sama sebagai kesatuan alumni PPSDMS, berhasil membuahkan peningkatan donasi yang sangat signifikan. Perolehan donasi bisa mencapai sekitar 77 juta dalam waktu 1 periode donasi sejak 29 April hingga ditutup pada 10 Mei 2014. Terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh alumni yang telah bahu-membahu dibawah komando pada ketua angkatan di masing – masing regional. Mari, kita pertahankan kontribusi donasi ini dan mari bersama-sama untuk meningkatkannya.

Setelah 1 langkah sudah kita jejakkan lewat kontribusi donasi, sudah saatnya kita melanjutkan dengan langkah – langkah konkrit sebawai wujud pembuktian bahwa kita semua memang terlahir untuk menjadi future leaders yang senantiasa melakukan perbaikan. Kami menyadari bahwa untuk membuat perubahan-perubahan di masyarakat bukan hal kecil dan mudah. Itu merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar. Namun, besarnya tanggung jawab tersebut tentunya tidak akan melemahkan semangat kita semua untuk terus maju.

Momentum kebangkitan alumni sudah tiba. Alumni akan bekerja bersama-sama untuk membenahi kondisi internal di ikatan alumni, mendukung perubahan – perubahan di PPSDMS untuk menjadi lebih baik, dan mulai mempersiapkan langkah besar untuk berkiprah sebagai institusi kepemimpinan dalam tataran tingkat nasional. Untuk mewujudkan itu semua, tentunya kesolidan dalam kerangka ikatan alumni mutlak diperlukan.

Beberapa langkah perbaikan yang sedang kita semua kerjakan diantaranya:

  1. Membangkitkan gairah donasi alumni untuk mendukung pendanaan PPSDMS. Kebangkitan donasi alumni ini bisa sekaligus menjadi control atau pembanding agar meningkatkan gairah dalam membangun kemitraan untuk mendukung pendanaan. IA diwakili Bang Zaky telah berkomitmen dengan pengurus PPSDMS untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan dimana perbandingan donasi alumni dan non alumni berada dalam target skema 1 : 6. Target 1:6 ini bukan hal yang mudah, karena ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai alumni PPSDMS.
  2. Turun tangan dalam proses seleksi peserta PPSDMS yang saat ini berkembang dari 5 regional (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bogor) menjadi 7 regional (Makasar dan Medan).
  3. Membantu membangun system di dalam institusi PPSDMS. Beberapa orang alumni telah berkomitmen untuk membantu membangun system dalam pengelolaan PPSDMS. Bang Iffan telah turun tangan untuk membantu pengelolaan system keuangan PPSDMS. Bang Ahad, Bang Ahmad, dan Bang Fitra akan membantu system pengelolaan sumber daya manusia.
  4. Ikatan alumni mulai berupaya untuk merangkul semua alumni dengan melakukan kunjunngan – kunjungan seperti wilayah Jakarta, Bandung (10-11 Mei 2014), Yogyakarta (17 Mei 2014) yang tentunya akan dilanjutkan ke wilayah – wilayah lain yang merupakan basis wilayah domisili para alumni – alumni PPSDMS. Kami terbuka menerima kritik untuk berkunjung ke wilayah-wilayah alumni, agar geliat alumni tidak hanya terpaku pada wilayah Jakarta dan sekitarnya saja.
  5. Ikatan alumni juga berusaha membangun hubungan dengan dewan penyantun seperti Laksamana Muda (purn) Husein Ibrahim (15 Mei 2014), Pak Johari Zein (22 Mei), dan akan dilanjutkan dengan tokoh – tokoh lainnya.
  6. IA memfasilitasi komunikasi antar alumni agar bisa bersinergi dengan hasil positif dengan membentuk grup eSociety (Entrepreneur Society), dan grup alumni bidang hukum. Masing – masing grup memiliki jalur komunikasi tersendiri dan akan mengadakan pertemuan – pertemuan untuk saling bertukar pikiran. eSociety sudah mengadakan pertemuan pertama di kantor Cybreed, Dago-Bandung 10 Mei 2014 lalu, dan akan diadakan pertemuan di Serpong pada Juni nanti. IA juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung dan memfasilitasi grup – grup yang lain yang memang diperlukan.
  7. Alumni – alumni PPSDMS yang ada diluar negeri pun tidak mau ketinggalan dalam aktivitas kebangkitan alumni. PPSDMS chapter Korea sedang dikembangkan untuk mencakup wilayah Asia-Oceania. Salah satu output dari chapter ini adalah program Beasiswa Prestatif dan Kontributif yang diberikan kepada tenaga kerja Indonesia yang bekerja sambil kuliah. Wilayah Eropa dan Amerika tidak mau ketinggalan, teman – teman kita ini telah membentuk PPSDMS EU + US yang berkomitmen untuk membantu pengelolaan website alumni PPSDMS.
  8. Dalam momen kebangkitan alumni sekarang ini, alumni mulai terlibat dalam Yayasan Bina Nurul Fikri agar bisa langsung memberi warna dalam perjuangan mempersiapkan kepemimpinan masa depan. Alumni sudah memiliki representative di yayasan agar bisa memberi masukan dan saran dalam kebijakan – kebijakan organisasi di bawah yayasan seperti PPSDMS, PT LMS, dan lain sebagainya.

Dan masih banyak hal yang tidak bisa saya tuliskan satu per satu. Itu bukan kerja pengurus IA, tapi itu hasil kerja keras seluruh alumni PPSDMS. Kami sebagai pengurus IA akan membantu semaksimal mungkin untuk memberi perubahan menuju perbaikan.

Selain perubahan – perubahan yang sudah dan sedang kita kerjakan bersama, masih ada beberapa hal yang harus kita pikirkan dan selesaikan. Tentunya itu tidak akan lepas dari peran dan kontribusi alumni semuanya. Diantara hal-hal yang perlu kita pikirkan tersebut dalah:

  1. Merangkul semua alumni dimana pun dia berada. Untuk saat ini, sebagian alumni masih belum dirangkul oleh pengurus IA. Tujuan merangkul alumni ini adalah agar tercipta hubungan yang erat dan solid antara sesama alumni. Untuk itu, kami pengurus memohon bantuan dari semua alumni agar bisa bertukar informasi. Sebagai perwujudan organisasi yang bersifat kekerabatan, kami pengurus IA ingin invove dalam kebahagian, maupun kesulitan yang dihadapi teman-teman alumni. Untuk mewujudkan kepedulian tersebut, kami mohon dukungan dari alumni semua terkait kabar gembira maupun kabar duka yang ada di alumni yang tersebar di penjuru dunia.
  2. Kita semua sebagai alumni, pernah merasakan kondisi ketika kita lulus PPSDMS dan kuliah dulu. Kami berharap, kita semua bisa berbagi pengalaman dan membantu adik – adik kita yang baru lulus untuk mewujudkan impiannya. Kami mengajak segenap alumni untuk turun tangan dalam “Buddy Program”. Program ini ditujukan sebagai pendampingan dimana alumni – alumni angkatan 1 – 5 bisa membimbing alumni angkatan 6.
  3. Untuk menggerakan aktivitas – aktivitas dan kepedulian untuk seluruh alumni, tentunya memerlukan pengorbanan pikiran, waktu, dan tentunya juga dana. Kami mengajak segenap alumni agar bisa membantu dalam masukan dan usulan kepada pengurus IA PPSDMS. Terkait pendanaan kegiatan IA PPSDMS, setelah pengurus berkomunikasi dengan para ketua angkatan tiap regional, maka kami memutuskan bahwa pendanaan aktivitas IA PPSDMS harus didukung melalui iuran alumni. Detail iuran alumni adalah sebagai berikut:
    1. Iuran wajib senilai Rp. 10.000 per bulan per alumni atau Rp. 120.000 per tahun per alumni. Iuran ini bersifat wajib untuk semua alumni PPSDMS.
    2. Iuran sukarela, besarnya iuran ini terserah pada kemampuan dan kesediaan alumni PPSDMS.

Kami tidak ingin mencampur adukan iuran alumni PPSDMS dengan donasi alumni dengan pertimbangan bahwa sebagian besar donasi alumni merupakan zakat, infaq, maupun sodakoh. Sedangkan IA bukan lembaga yang berhak menerima zakat, infak, dan sodakoh.

Untuk memudahkan, pembayaran iuran alumni dapat dilakukan sekaligus untuk periode 1 tahun. Perhitungan 1 tahun dimulai dari 1 Juni hingga 31 Mei tahun berikutnya. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening IA PPSDMS:

Bank                                        : Bank Mandiri

No. Rekening              : 164-00-0102729-3

Nama                          : Purba Purnama

Konfirmasi iuran         : Scientia Afifah (08988225611)

Iuran alumni ini akan digunakan sepenuhnya untuk memberi manfaat pada semua alumni:

  1. Kepedulian terhadap alumni: memberi bingkisan pernikahan, kelahiran, maupun uang duka paa semua alumni.
  2. Operasional kegiatan alumni PPSDMS
  3. Operasional pengurus IA PPSDMS untuk hal – hal terkait aktivitas IA PPSDMS
  4. Dukungan untuk kegiatan para alumni dalam program PPSDMS (dalam kondisi mendesak).

Tanpa dukungan segenap alumni PPSDMS, pengurus bukanlah apa-apa. Kami juga terbuka menerima kritik, saran, dan masukan dari segenap alumni agar organisasi kita menjadi lebih baik.

Kami tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia,

tidak mengharap harta benda atau imbalan lainnya,

tidak juga popularitas,

apalagi sekedar ucapan terima kasih

 

Yang kami harap adalah

terbentuknya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat

serta kebaikan dari Allah-Pencipta alam semesta.

 

Salam Pemimpin Masa Depan,

Serpong 30 Mei 2014

 

Purba Purnama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>