Purba’s Note: Mari Bangkitkan Donasi Alumni

Assalamualaikum Wr Wb.

donate

Abang2 dan adik2 Alumni sekalian, ini adalah hari ketiga saya beserta pengurus dalam mengurus IA PPSDMS. Banyak pertemuan IA lakukan dengan berbagai alumni dan juga pemimpin dan pengurus Yayasan PPSDMS baik dalam pertemuan fisik maupun via dunia maya. Diantaranya pertemuan dengan Guru kita, Ustad Musholi. Begitu besar harapan yang beliau inginan dalam peran alumni untuk masa depan PPSDMS. Sebuah mimpi besar dimana alumni-alumni berperan besar dalam pergerakan PPSDMS sebagai kawah candradimuka yang akan menelurkan pemimpin – pemimpin dimasa depan. Beliau menyadari begitu berat perjuangan untuk mewujudkan mimpi, meskipun tubuh mulai sedikit rapuh, beliau sangat tegar dan penuh dengan semangat optimisme.

 

Untuk mewujudkan penyiapan pemimpin masa depan yang meng-Indonesia, PPSDMS mengambil langkah besar dengan mencanangkan 2 regional diluar pulau jawa: Medan sebagai representasi Indonesia barat dan Makasar untuk wilayah timur. Peningkatan jumlah regional tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan finansial PPSDMS. Kami mencoba melihat fenomena yang ada, dan dalam analisa IA PPSDMS, pemasukan PPSDMS belum terlihat pertumbuhan yang signifikan. Kita semua sebagai alumni yang pernah mengenyam indahnya masa – masa pembinaan dulu, dapat merasakan dan membayangkan jika adik – adik kita disana, mengalami keterlambatan uang beasiswa bulanan. Mari kita renungkan jika ketidak seimbangan pemasukan dan pengeluaran berdampak pada penyaluran uang saku selama sebulan, dua bulan, atau lebih. Mari kita tanya pada hati kita masing-masing sebagai alumni. Ini merupakan sebuah pengingatan bahwa uluran tangan alumni sangat dibutuhkan untuk mendukung PPSDMS.

 

Kami menyadari bahwa teman – teman alumni sedang berada pada jalan terjal untuk meniti karir dan menapaki lika-liku perjuangan menuju kepemimpinan masa depan. Khalifah Umar bin Khattab, semasa menjadi pemimpin umat memegang teguh prinsip yang sangat mulia bahwa pemimpin adalah orang yang pertama kali merasakan penderitaan dan yang paling akhir merasakan kesenangan daripada umat yang dia pimpin. Mari kita bersama – sama saling bahu membantu untuk penyiapan kepemimpinan masa depan. Masih segar dalam ingatan kami, bahwa pendiri dan penggagas PPSDMS sangat berharap bahwa alumni akan mampu menjadi tumpuan PPSMDS. Untuk permasalahan finansial, kontribusi konkrit yang bisa kita semua perjuangkan adalah donasi untuk PPSDMS yang dapat berubah, zakat, infaq, dan sumbangan lainnya. Untuk itu, kami IA PPSDMS mengajak teman – teman alumni sekalian untuk memprioritaskan zakat, infak, dan sodaqoh teman – teman alumni semua untuk disalurkan untuk PPSDMS yang kita semua pahami memiliki visi besar untuk mencetak pemimpin – pemimpin masa depan.

Kami IA PPSDMS dengan berkoordinasi bersama pada ketua angkatan di masing – masing regional berkomitmen untuk menggalang dana dalam lingkungan IA-PPSDMS. Dalam pembahasan bersama, kita sepakati bahwa sebagai awal kebangkitan, kita ingin menggalang dana sekitar 70 – 100 juta setiap bulannya.

Untuk kemudahan proses evaluasi target donasi alumni, donasi alumni yang awalnya langsung disalurkan ke PPSDMS, mulai saat ini akan koordinir oleh angkatan masing – masing dan disetor ke IA-PPSDMS untuk digabungkan. Penggabungan donasi alumni 마무 banyak memberi manfaat bagi kita semua diantaranya:

  1. Kita makin solid sebagai alumni yang tergabung dalam IA-PPSDMS
  2. Kita akan mudah dalam proses control dan evaluasi target donasi.
  3. Tidak ada rasa segan atau tidak enak untuk saling mengingatkan saudaranya dalam berlomba-lomba untuk kebaikan.
  4. Memberikan dampak psikologis positif kepada pengurus PPSDMS atas kontribusi alumni dalam sebuah kesatuan yang utuh dan solid.
  5. Dan dampak-dampak positif yang lainnya

Dengan system penggalangan dana melalui IA-PPSDMS ini, kami berharap pergerakan alumni akan mendorong PPSDMS untuk semakin besar di masa mendatang.

Dalam kesepakatan para ketua angkatan, donasi akan dikumpulkan melalui IA-PPSDMS paling lambat tanggal 10 setiap bulan, dan akan diteruskan secara bijak ke PPSDMS dalam satu kesatuan. Pemanfaatan dana alumni akan diprioritaskan untuk hal-hal dalam skala prioritas utama bagi pertumbuhan PPSDMS.

Diakhir catatan ini, saya pribadi ingin menyampaikan sebuah pengingatan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat. Mari kita berlomba-lomba untuk memberi manfaat melalui jalinan ukhuwah.

Mari kita bersama-sama membangkitkan donasi alumni melalui IA-PPSDMS. Kalau bukan alumni yang melakukan, siapa lagi???

 

Salam Pemimpin Masa Depan,

Serpong 29 April 2014

 

Purba Purnama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>