Masa Kerja – 4

Setelah memutuskan keluar dari perusahaan bingkai kayu, kembalilah aku pada masa-masa sulit sebagai pengacara: pengangguran banyak acara. Kenapa banyak acara? Pastilah, mondar-mandir cari kerjaan atau kerja sampingan agar bisa menyambung hidup.

Sejak Januari 2005, tak henti-hentinya berburu lowongan pekerjaan. Di sela-sela masa pengangguran tersebut, Alhamdulillah aku masih memiliki kerja sampingan sebagai pengajar privat. Setidaknya aku masih bisa mendapat penghasilan. Selama menganggur aku masih numpang di rumah pamanku di Kebon Nanas Tangerang. Sedangkan murid-murid privat ku berada di daerah Cipinang hingga Menteng. Perjalanan dengan sepeda motor pun sudah seperti aktivitas normal. Dengan perjalanan sekitar 1.5jam mau tidak mau harus tetap aku jalani untuk berhemat.

Alhamdulillah, dari salah seorang orang tua murid mengenalkanku pada seseorang yang memiliki usaha di bidang pendidikan. Dia membutuhkan orang yang bisa membantu menyiapkan bahan-bahan pendidikan seperti soal-soal dan pembahasan. Meskipun contract-based, tetap aku ambil agar bisa menambah penghasilan.

Hampir 6 bulan lamanya aku harus bergelut dengan kondisi seperti itu. Hingga akhirnya aku mendapat panggilan dari PT Batan Teknologi (persero). Aku diterima dengan sebagai staf quality assurance disana. Saat itu gaji sekitar 1.5jt sebulan. Tapi pada tahun pertama aku hanya mendapat gaji 80% sebelum 1 tahun. Ok, aku ambil pekerjaan itu. Ku jalani pekerjaan itu sebaik-baiknya. Bulan Agustus 2005, aku mendapatkan tawaran dari perusahan singapura untuk bekerja di kantor mereka di daerah Halmahera. Namun setelah aku pertimbangkan, aku tolak tawaran tersebut.

November 2005 aku diterima di perusahaan Korea di daerah Tangerang. Aku putuskan untuk mengundurkan diri dari PT Batan Teknologi. Dan lagi, sang manajer mengharap aku tiak mengundurkan diri dari PT Batan Teknologi. Tapi aku bulat pada keputusanku untuk mengundurkan diri.

Di perusahan Korea pun aku tidak bertahan lama. Aku hanya sebulan di sana karena aku pun mendapat tawaran sebuah perusahaan kemasan di Karawang Timur.  Januari 2006 aku mulai bekerja di perusahaan tersebut, PT Plasindo Lestari.

Kondisi menganggur adalah kondisi yang sangat berat terutama bagi yang memiliki pendidikan tinggi karena ada beban moral disana. Tapi yakinlah, tetap berusaha, pantang menyerah, niscaya akan diperoleh hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>